Tuesday, February 5, 2008

Menghindari Virus

  1. Namai folder pake tulisan arab. Trik ini berguna untuk menghindari folder-folder disembunyikan dan diduplikat oleh virus. Gunakan shortcut Alt kiri + Shift kiri untuk berpindah antar language (tentu saja hal ini bisa dilakukan jika languanges-nya udah pada diinstal di Regional and Languange Options di Control Panel.
  2. Rename Msvbvm50.dll dan Msvbvm60.dll, keduanya merupakan mesin dari Visual Basic, yang biasanya digunakan untuk membikin program virus local, jika mesinnya dimatiin, ya otomatis virusnya mogok alias gak bisa mengeksekusi program secara otomatis, ketika startup, ketika ada event programnya “tersentuh” dsb. Keduanya ditaruh di “C:WindowsSystem32”
  3. Biasakan menampilkan file di Explorer dalam modus Detail (Klik menu: View –> Details). Agar tiap folder yang kira buka selalu tampil dalam keadaan detail, maka Explorer perlu diset seperti ini: klik menu: Tool –> Folder Options –> Tab View –>Hilangkan tanda centang “Remember each folder’s view settings”. Nah ketika kita udah mensetting satu folder dengan modus detail, maka semuanya akan mengikuti modus pilihan kita itu.

  1. Biasakan juga menampilkan hidden file, folder, file and folder system protected dan extensinya juga. caranya demikian: Tool –> Folder Options –> Tab View –> Pilih “Show hidden files and folders”, Hilangkan tanda centang “Hide extensions for known file types” dan juga “Hide protected operating system files (Recommended)”. dengan begini semua yang tersembunyi tidak akan lepas dari pandangan kita. Tapi ingat jika kita udah nampilin extensi file-file kita, maka kalo me-rename file kita, extensinya juga harus ditulis, misalnya kita rename file Ms. Word: “pertama.doc” kita rename jadi “kedua.doc”. kalo kita rename hanya dengan nama “kedua” saja, maka file ini nggak akan kebaca ama Ms. Word.
  2. Semua perubahan di atas bisa dikembalikan dengan mudah, caranya balikin aja ke kondisi semua, beres khan?.
  3. Kalo lihat file aneh, tidak dikenal, pokoknya yang gak wajar jangan buru-buru diklik, scan dulu dengan antivirus yang ada. Kalo setelah discan masih ragu juga mendingan biarin aja dan tanyakan kepada ahlinya, karena jika salah klik virus itu langsung menjangkiti komputer kita walaupun di komputer kita udah ada antivirusnya. Antivirus gak akan banyak nolong kalo kitanya juga nggak hati-hati, apalagi kalo udah expire masa tugasnya, wah bisa mogok kerja tuh antivirus.


By : The D


No comments:

Post a Comment

selamat datang