Thursday, September 11, 2008

Apa yang akan ku lakukan setelah menginstall windows?



Setelah windows terinstall, masih banyak yang perlu anda lakukan untuk mengkonfigurasi windows anda dan menambahkan berbagai program yang perlu ba
gi komputer anda.

Silahkan menginstall driver yang disertakan dalam pembelian main board untuk mendriveri main board anda dan program-program yang diperlukan, semisal Office, Winamp, Antivirus, Nero, Visual Studio, Photoshop, program-program utilities, games, dan sebagainya. Tapi ingat, pastikan software yang anda install bebas virus, trojan, dan sebagainya.

Berikut ini tips dari penulis sesuai dengan pengalaman penulis.

Untuk meringankan kinerja komputer anda dan pencegahan secara dini terhadap seerangan virus, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Jika anda tidak ingin komputer anda diacak-acak oleh sembarang orang, maka silahkan mengaktifkan pilihan user account pada Win log-on.

Caranya:

Klik start, Control Panel, pilih User Accounts.










Pilih User anda (disini user saya bernama admin). Silahkan klik user anda.









Silahkan mengcustomize user anda sesuai dengan pilihan menu yang ada.

Berilah password pada user anda, sehingga hanya anda saja yang dapat masuk ke dalam user anda. Jika password sudah terpasang, akan muncul tulisan “Password protected” dibawah user anda. Dan pastikan user anda bertype “Computer administrator”, karena hanya administrator saja yang dapat melakukan setting total pada komputer.

Aktifkan (Turn On) Guest account, atau membuat account baru dengan type “Limited” untuk teman ato kerabat anda yang ingin menggunakan komputer anda.

  1. Klik kanan My Computer

Pilih Properties







Pada tab “Advanced” pilih menu Performance dan klik Settings














Hilangkan semua tanda centang (√) dengan memilih Adjust for best performance, atau sisakan satu effect saja, yaitu “Use drop shadows for icon labels on the desktop”.

Lalu pindah ke tab “System Restore”
Silahkan memberi tanda centang pada “Turn off System Restore on all drives”. Akan terlihat bahwa semua drives berstatus “Turned off”.
Hal ini berguna untuk mencegah infeksi ulang oleh virus, karena biasanya virus menggunakan “System Restore” ini untuk mengembalikan dirinya setelah di hapus lewat Anti Virus.


































Matikan juga fasilitas “Automatic Updates” dan “Remote”.

Setelah itu, klik “Apply” untuk menjalankan konfigurasi tersebut.

  1. Masuk ke Windows Explorer

Pilih menu Tools, dan pilih “Folder options…”












Pada tab “View” pilih menu “Show hidden files and folders” dan hilangkan tanda centang pada menu “Hide extensions for known file types”.

Hal ini berfungsi untuk mencegah serangan virus sedini mungkin.

Jika kita melihat file ato folder dengan extensi aneh di belakangnya ato tidak seperti biasanya, maka file ato folder itu perlu dicurigai. Contoh: folder dengan extensi *.exe (folder tidak memiliki extensi), file Ms Word dengan extensi *.exe (Ms Word memiliki extensi *.doc ato *.docx untuk Office 2007).

Nah, sebelum media penyimpanan lain (disket, CD, flashdisk, dsb) masuk ke dalam komputer anda, silahkan menghilangkan juga tanda centang pada menu “Hide protected operating system files (Recommended), karena biasanya file ato folder virus tidak bisa hanya dilihat dengan “Show hidden files and folder”. Hal ini karena file ato folder tersebut merupakan file system and hidden (SH).

Setelah itu, klik “Apply” untuk menjalankan konfigurasi tersebut.

  1. Nah…, sekarang anda bisa melakukan pengecekan pada system hard disk anda. Silahkan membuang file yang tidak perlu dengan disk clean up atau mendefrag hard disk anda. Anda juga bisa melakukan pengecekan secara lengkap dengan bantuan software utilities, seperti Tune Up utilities, agar performa komputer anda semakin maksimal. Dan sangat disarankan untuk membekukan drive C:\ anda dengan program pembeku, seperti Deep Freeze, untuk mencegah infeksi virus, trojan, dan sebagainya.

  1. Sekarang anda hanya perlu berdoa supaya kinerja komputer anda memuaskan dan terjauhkan dari serangan-serangan pihak yang tidak bertanggungjawab, dan semoga amal ibadah kita diterima di sisi TUHAN…..

No comments:

Post a Comment

selamat datang