Thursday, September 11, 2008

Tips Merakit Komputer

Memiliki komputer adalah hal yang menyenagkan tentunya. Tapi satu permasalahan yang menjadi pertanyaan umum setelah kita memiliki komputer adalah: Bagaimana dengan kinerja komputer saya? Kalau saya mau upgrade ke spek yang lebih tinggi bisa gak ya? Hardwarenya tahan lama gak ya?

Tentunya akan sangat mengecewakan bagi kita terutama para professional ataupun penggelut dunia IT, jika kinerja komputer kita tidak sesuai dengan yang diharapkan. Atau kita tidak bisa bebas bergerak, karena keterbatasan fitur yang dimiliki oleh komputer kita.

Oleh karena itu, ketelitian, pengetahuan yang cukup dan persiapan yang matang sebelum membeli komputer dan perlengkapannya sangat dibutuhkan.


Tips berikut ini hanyalah bersifat subjective, hanya berasal dari pengalaman penulis saja. Apabila ada pendapat lain, silahkan saja. Semoga sedikit tips ini dapat membantu anda.


  1. Mari kita lihat berapa budget yang anda miliki. Ini adalah tolok ukur yang paling menentukan komputer macam apa yang akan kita dapatkan nantinya. Tentunya kita tidak dapat memiliki komputer yang canggih dengan teknologi terbaru dengan budget yang minim. Sesuaikan pembelanjaan dengan budget anda. Atau kalau anda bisa bersabar, menabunglah untuk beberapa saat lagi, untuk mendapatkan komputer dengan spek yang lebih tinggi. Jika anda penggelut dunia IT, tentunya persiapan untuk upgrade ke spek yang lebih tinggi sangatlah menguntungkan. Sehingga anda tidak perlu menambah banyak biaya lagi untuk upgrade.

Contoh: Jika di era mendatang persaingan untuk processor multi core terus berkembang, lebih baik anda mempersiapkan main board yang siap mendukung processor multi core. Jadi, jika anda ingin beralih ke processor multi core, anda tidak perlu lagi mengganti main board anda.

Tapi semuannya kembali kepada anda, jika anda merasa cukup hanya dengan komputer sederhana saja, dan tidak perlu upgrade ke spek yang lebih tinggi, maka anda hanya perlu menganggarkan budget yang tidak terlalu banyak.

  1. Komputer seperti apa yang ingin anda miliki? dan Untuk apa komputer itu nanti?

Kedua pertannyaan di atas patutu menjadi acuan, selain besar budget kita. Fungsi dari komputer kita juga akan menentukan spek komputer kita.

Contoh: Jika anda hanya memerlukan komputer untuk sekedar belajar program-program sederhana seperti Ms Office, tentunya anda tidak memerlukan komputer dengan spek yang tinggi, karena itu hanya pemborosan saja. Lain halnya bagi seorang gamers, designer atau bagi mereka yang bekerja di bidang multi media, komputer dengan performa multi tasking yang baik akan sangat membantu pekerjaannya.

  1. Carilah daftar referensi harga part komputer sebanyak mungkin dari tempat yang berbeda-beda untuk membandingkan harga, atau jika anda memiliki teman yang menjadi agen komputer, anda bisa memanfaatkan dia, gak apa-apa kan… itung-itung bantuin temen…. hehehehe…..

Yang pasti kalau bisa belilah saat harga dollar turun, karena harga part ditentukan oleh harga dollar.

  1. Ajaklah teman atau orang yang anda percayai untuk membantu anda dalam berbelanja. Saran dari orang yang berpengalaman akan sangat menguntungkan. Atau kalau perlu konsultasikan dulu.

  2. Belilah part dari vendor-vendor yang memang sudah dijamin kemampuannya. Jangan membeli karena harganya murah saja. Memang tidak selamanya harga yang murah itu kualitasnya jelek. Tapi, jaminan akan memegang peranan penting. Usahakan cari part yang memiliki “Lifetime Warranty”, untuk kenyamanan anda di masa mendatang.

Hati-hatilah, sekarang banyak part-part yang aspal. Belilah part hanya di agen-agen yang telah di tunjuk oleh masing-masing vendor.

  1. Setelah semua part terbeli, saatnya untuk merakit komputer anda.

Jika anda belum pernah merakit komputer, mintalah pendampingan orang yang telah berpengalaman. Karena ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dalam pemasangan part-part komputer.

  1. Sebelum merakit komputer berdoalah, dan semoga amal ibadah kita diterima di sisi TUHAN…..

Selamat mencoba………….

1 comment:

selamat datang